5 Jenis Teh yang Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Sabtu, 12 November 2016 - 02:48 WIB
5 Jenis Teh yang Membantu Anda Menurunkan Berat Badan
5 Jenis Teh yang Membantu Anda Menurunkan Berat Badan
A A A
JAKARTA - Satu cangkir teh bisa membantu kita mencegah stroke, arthritis, pembusukan gigi dan menjaga dari kanker. Sementara, juga dianggap salah satu penenang alamiah atas sifatnya yang menenangkan, minuman ini juga punya manfaat hebat lainnya.

Dilansir dari Times of India, teh juga dipercaya membantu menurunkan berat badan. Ilmuwan telah memperlihatkan bahwa teh punya level senyawa tinggi yang mampu melawan penyerapan lemak. Berikut 5 macam teh yang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

1. Teh Star Anise
Teh Star Anise
Mempromosikan pencernaan
Star anise, buah pohon evergreen kecil atau Illicium verum) yang asli dari China, bisa digunakan untuk merawat masalah pencernaan seperti sakit perut, diare, mual dan sebagainya. Untuk meminumnya, seduh sekantung penuh teh ini ke dalam air panas dan tunggu selama 10 menit. Saring dan jika suka, tambahkan gula. Minum teh ini secara perlahan ketika sakit perut melanda.

2. Teh Peppermint
Teh Peppermint
Mengontrol apa yang Anda makan
Kalau Anda suka teh peppermint, maka coba dan rotasikan dengan teh hijau karena keduanya mempercepat pencernaan dan membantu Anda membakar kalori lebih banyak. Daun peppermint bisa digunakan untuk membuat teh ringan dan menyegarkan yang bisa diminum baik panas atau dingin. Untuk mempersiapkan teh ini, ambil satu sendok teh daun yang masih segar atau dikeringkan dan tambahkan air panas dan biarkan selama 4—5 menit. Saring dan tambahkan madu jika suka.

3. Teh Hijau

Teh Hijau
Membangun metabolisme
Riset mengungkapkan zat kimiawi EGCG yang ditemukan di teh hijau yang mempercepat metabolisme tubuh bertanggung jawab atas membantu orang menurunkan berat badan. Teh ini bisa membakar 70 kalori per hari. Teh hijau juga meningkatkan level antioksidan di dalam tubuh. Diyakini bahwa antioksidan catechins di dalam teh hijau meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak. Untuk menikmatinya, seduh teh di dalam air panas dengan suhu 85 derajat Celsius selama 2—3 menit.

4. Rose Tea

Rose Tea
Mencegah konstipasi/sembelit
Salah satu teh dengan aroma rasa tertua yang ada adalah teh mawar atau rose tea. Teh ini dibuat dengan mencampurkan mawar dengan pucuk teh. Teh ini memiliki efek terapi utama terhadap tubuh manusia. Selain meluruhkan racun dan mempercantik kulit, teh ini juga mengandung vitamin A, B3, C, D dan E dan dikenal bertindak melawan infeksi. Teh ini juga mencegah konstipasi dan membantu menurunkan berat badan.

5. Teh Oolong

Teh Oolong
Menjaga tubuh dari obesitas
Riset mengungkapkan bahwa oolong, teh semi-fermentasi—mungkin punya efek yang lebih kuat dari teh hijau. Teh jenis ini mempromosikan pembakaran lemak yang disebut membantu mengurangi kolesterol dan konsentrasi lemak di dalam tubuh. Sekitar 2 cangkir per hari direkomendasikan untuk konsumsi teh ini. Seduh teh oolong selama 30 detik—5 menit untuk cangkir yang lebih penuh.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)